https://e-jurnal.iims.ac.id/index.php/JALHu/issue/feed Jurnal Al Mujaddid Humaniora 2025-10-31T00:52:59+00:00 Zaenal Abidin zaabiangsui@gmail.com Open Journal Systems <p style="text-align: justify;"><strong>JALHu:&nbsp;</strong>Jurnal Al-Mujaddid Humaniora memiliki <strong>p-ISSN; 2476-8855 e-ISSN;2808-2850.&nbsp;</strong>Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun, yaitu tepatnya pada bulan April dan Oktober. dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian &amp; Pengabdian Masyarakat (LPPM) Institut Islam Al-Mujaddid Sabak. Jurnal ini bermuatan mengenai artikel-artikel keilmiahan yang berkaitan dengan keilmuan Humaniora, serta&nbsp;berisikan kajian-kajian tentang teologi, filsafat, hukum, sejarah, bahasa, budaya, linguistik, psikologi, kesehatan, manajemen, pendidikan dsb.</p> https://e-jurnal.iims.ac.id/index.php/JALHu/article/view/247 Revitalisasi Pendidikan Islam : Sebuah Studi Epistemologi Dan Terintegrasi Global 2025-10-31T00:52:54+00:00 Nurhalimah Nurhalimah nurhalimahmunasik@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep revitalisasi pendidikan Islam dalam perspektif epistemologi terintegrasi yang relevan dengan tantangan global. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan, penelitian ini menelaah berbagai literatur primer dan sekunder mengenai perkembangan, tantangan, serta upaya pembaruan pendidikan Islam di era modern. Hasil penelitian menunjukkan bahwa revitalisasi pendidikan Islam tidak hanya mencakup pembaruan kurikulum dan metode pembelajaran, tetapi juga penguatan integrasi antara ilmu pengetahuan dan nilai-nilai keislaman. Konsep epistemologi terintegrasi menjadi kunci dalam membentuk peserta didik yang seimbang antara aspek intelektual, spiritual, dan moral. Faktor-faktor utama yang mendorong revitalisasi meliputi perubahan sosial-budaya, kemajuan teknologi, dan arus globalisasi yang menuntut pendidikan Islam untuk lebih adaptif, inklusif, dan berorientasi global. Dengan mengadopsi pendekatan multidisipliner serta pemanfaatan teknologi digital, pendidikan Islam diharapkan mampu menghasilkan generasi yang kreatif, kritis, berkarakter, dan siap menghadapi dinamika global tanpa kehilangan identitas keislamannya.</p> 2025-10-31T00:49:24+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://e-jurnal.iims.ac.id/index.php/JALHu/article/view/246 Membangun Pendidikan Islam Visioner : Sebuah Studi Tantangan Dan Epistemologi Di Era Modern 2025-10-31T00:52:57+00:00 M Syukri Syukri99as@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep pendidikan Islam yang visioner dalam menghadapi tantangan globalisasi, perkembangan teknologi, serta perubahan sosial dan budaya di era modern. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode kajian pustaka, penelitian ini menelaah gagasan para pemikir Islam baik klasik maupun kontemporer. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidikan Islam visioner harus bersifat inklusif, adaptif, dan berorientasi pada pengembangan karakter. Melalui pendekatan epistemologi terintegrasi, pendidikan Islam dapat menyatukan ilmu agama dan ilmu umum untuk menciptakan pemahaman holistik serta membentuk individu yang cerdas secara intelektual, emosional, dan spiritual. Tantangan seperti krisis identitas generasi muda, kesenjangan akses teknologi, dan pengaruh globalisasi menuntut inovasi kurikulum, peningkatan kualitas tenaga pendidik, dan kolaborasi antara lembaga pendidikan, masyarakat, dan pemerintah. Implementasi strategi tersebut diharapkan mampu mewujudkan pendidikan Islam yang relevan dengan tuntutan zaman sekaligus berakar kuat pada nilai-nilai keislaman</p> 2025-10-31T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement##