Optimalisasi Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami dan mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut: (1) Peran kepemimpinan kepala Sekolah sebagai penggerak; (2) Peran kepemimpinan kepala Sekolah sebagai penentu arah kebijakan dan tujuan; (3) Pelaksanaan P5. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus yang menggunakan teknik pengumpulan data wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: (1) Peran kepemimpinan kepala Sekolah sebagai penggerak dalam dalam menggerakkan pendidik yaitu dengan memberikan nasihat dan arahan agar pendidik memberikan pembelajaran kepada peserta didik yang baik dan sesuai dengan modul P5, kemudian dalam menggerakkan peserta didik kepala sekolah memberikan perhatian dan dukungan kepada peserta didik dengan cara melakukan kunjungan ke kelas-kelas untuk memberikan motivasi berupa wejangan kepada peserta didik, dan untuk menggerakkan tim fasilitator P5 kepala sekolah membangun komunikasi yang terbuka seperti berdiskusi dalam rapat dan berbagi informasi; (2) Peran kepemimpinan kepala Sekolah sebagai penentu arah kebijakan dan tujuan, dalam menentukan kebijakan P5 kepala sekolah berperan untuk membuat tim fasilitator P5, menjadi pengawas, pembangun komunikasi, dan memberikan pelatihan P5 kepada pendidik, kemudian kepala sekolah dalam menyusun tujuan P5 melakukan koordinasi dengan tim fasilitator P5 dalam menentukan tujuannya.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Angga, A., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5295–5301. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2918
Aprilianto, A., Sirojuddin, A., & Afif, A. (2022). Strategi Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik. FATAWA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 107–130. https://doi.org/10.37812/fatawa.v2i1.392
Ariandy, M. (2019). Kebijakan Kurikulum dan Dinamika Penguatan Pendidikan Karakter di Indonesia. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(2), 137–168.
Asiati, S., & Hasanah, U. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Penggerak. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2), 61–72. https://doi.org/10.54124/jlmp.v19i2.78
Efendi, Y., & Sa’diyah, H. (2020). Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam lembaga pendidikan. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 5(1), 54–65.
Ekosiswoyo, R. (2016). Peningkatan Mutu Pendidikan secara Sistematis. IIlmu Pendidikan, 76–82. https://media.neliti.com/media/publications/113918- ID-kepemimpinan-kepala-sekolah-yang-efektif.pdf
Kadarsih, I., Marsidin, S., Sabandi, A., & Febriani, E. A. (2020). Peran dan tugas kepemimpinan kepala sekolah di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 194–201.
Lickona, T. (2022). Character matters (Persoalan karakter): Bagaimana membantu anak mengembangkan penilaian yang baik, integritas, dan kebajikan penting lainnya. Bumi Aksara.
Malikah, S., Winarti, W., Ayuningsih, F., Nugroho, M. R., Sumardi, S., & Murtiyasa, B. (2022). Manajemen Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5912–5918. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3549
Maudyna, I. E., & Roesminingsih, E. (2023). Evaluasi Kesiapan Pendidik dalam Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ). 4, 637–648.
Menguatkan, U., Peserta, K., Ulandari, S., & Dwi, D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai. 8(2), 12–28.
Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849.
Pambudi, D. I., & Mardati, A. (2019). Strategy of Values Education in the Indonesian Education System. International Journal of Instruction, 12(1), 607– 624.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.
Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi profil pelajar pancasila dan implikasinya terhadap ketahanan pribadi siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230–249.
Sari, D. N. I., Sabilla, R., & Setiawan, F. (2023). Peran Kepala Sekolah dan Guru dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(1), 75–88.
Setiyati, S. (2014). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi Kerja, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(2), 200–206.Setyaningrum, R. C., Safira, A. N., & Zahroini, A. L. (2023). Pengintegrasian Nilai-nilai Kebangsaan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila pada SMP di Surakarta.
Supardi, S., Qurtubi, A., & Fatoni, H. (2023). Kemitraan Sekolah dan Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP IT Raudhatul Jannah Cilegon. Journal on Education, 5(4), 11196–11203. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2053
Vianti, E., & Tamalene, M. N. (2023). Pengembangan Buku Projek Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Topik Lingkungan untuk Meningkatkan Profil Pelajar Pancasila Development of A Sustainable Lifestyle Theme Project Book Environmental Topics to Improve The Profile Pancasila. 88–102. https://doi.org/10.32528/bioma.v8i1.377
Wibawani, D. T., Wiyono, B. B., & Benty, D. D. N. (2019). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Perubahan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(4), 181–187. https://doi.org/10.17977/um027v2i42019p181
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer## Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional
Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional
The author who published his manuscript in the Al Mujaddid Humaniora Journal (JALHu) agrees to the following conditions:
The copyright in each article belongs to the author, and the author acknowledges that JALHu has the right as the party that publishes for the first time with a license: Creative Commons Attribution 4.0 International License. This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, modify, modify, and make derivative works of this material for any purpose, including commercial purposes, so long as they credit the author of the original work. Authors can also enter writing separately, arrange non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into other versions (for example: sent to the author's institutional repository, publication in a book, etc.), by acknowledging that the manuscript has been published for the first time in the Journal of Al Mujaddid Humaniora (JALHu).
 
							







